Halaman

Sabtu, 10 Desember 2011

Menara London: Sekelumit Sejarah

Selama lebih dari 900 tahun di bangun, Menara London tetap merupakan salah satu bangunan yang paling mengesankan di seluruh inggris. Pada zaman yang berbeda-beda, Menara London yang berfungsi sebagai Benteng, Kediaman Bangsawan, Penjara, Kebun Binatang, Bilik Penyiksaan, Tempat cetak Uang, Observatorium, Gudang Uang,Museum dan tempat untuk dikunjungi Turis. menara itu memiliki banyak sejarah masa lalu.

Pembangunan Menara di mulai tahun 1078 atas perintah Raja William I. William adalah Duke Normandia dan mengklaim gelarnya terhadap Kerajaan Inggris setelah meninggalnya Raja Inggris, Edward Sang Penebus Dosa. pada saat yang sama, saudara laki-laki Edward, Harold Godwinson, yang juga dikenal dengan nama Harold II, mengklaim Mahkota Inggris, begitu juga pihak-pihak lain. untuk meloloskan
klaimnya, William menyerbu Inggris, dan pada Pertempuran Hastings tahun 1066, mengalahkan Harold II dan tentara Inggris. Dengan begitu, lahirlah nama William yang lain, William sang Penakluk.

Dikisahkan bahwa William sang Penakluk membangun Menara Londontidak saja senagai benteng untuk melindungi Londondari penyerbuan pihak luar, melainkan juga untuk melindungi dirinya dari orang-orang Anglo-Saxon yang ditaklukannya.

Menara London dibangun di ujung timur Kota London, berdekatan langsung dengan Sungai Thames dan persimpangan dua dinding tua Romawi.

Pembangunan Menara London menghabiskan sekitar dua puluh tahun dan belum selesai hingga setelah kematian William.

Bagian asli Menara, yang dikenal sebagai Menara Putih, adalah gedung yang sangat besar berukuran sekitar 27 meter tingginya dengan dinding batu yang mengesankan yang berdiri sekitar tiga meter hingga empat setengah meter lebarnya. Empat menara kecil, tiga persegi dan satu bundar, muncul pada setiap sudut dinding. Pada saat bangunan itu selesai pada tahun 1100, Menara itu bisa dilihat dari berkilo-kilo meter jauhnya karena ukurannya itu.

Selama lebih dua aba berikutnya, benteng-benteng tambahan dibangun di Menara London. sebuah dinding dengan tiga belas menara dibangun mengelilingi Menara Putih. dinding kedua juga ditambahkan. dinding ini mengitari dinding pertama dan memiliki enam menara. di sekeliling dinding terakhir ini, sebuah parit digali yang airnya berasal dari Sungai Thames.

Pada awalnya, Menara itu digunakan terutama sebagai benteng dan penjara untuk tahanan penting. selama berabad-abad, penjara Menara menjadi tuan rumah untuk raja-raja dari Skotlandia dan Prancis; seorang pangeran dari Wales, sejumlah Raja Inggris, Ratu, dan Putri Raja; seorang Presidan Kongres Benua Amerika; para Duke, dan bangsawan lainnya. di antara para tahanan terdapat anak-anak, para istri, saudara laki-laki, saudara perempuan para bangsawan. dan beberapa orang di antara mereka bahkan dieksekusi di balik dinding Menara.

Setelah beberapa waktu, tempat tinggal yang lebih nyaman dibangun di wilayah dalam dinding Menara, dan bangunan itu menjadi rumah bagi beberapa Raja.

Selama brabad-abad, Royal Menagerie-koleksi binatang dari inggris dan seluruh dunia-dipelihara di Menara, dan Kebun Binatang London pun dimulai.

Para penghuni Menaradi antaranya adalah Yeoman Warder, yang menjaga bangunan-bangunan itu (dan para Tahanan) selama tertulisnya sejarah menara. mereka juga dikenal dengan sebutan Beefeaters. mereka mengenakan seragam tradisional yang berasal dari seragam pengawal Raja.Menara itu juga berfungsi sebagai rumah bagi Permata Mahkota selama lebih dari 700 tahun.


Sejarah Menara London ini aq ambil dari Novel "SHERLOCK HOLMES & LASKAR JALANAN BAKER STREET: PENCULIKAN WATSON" karya Tracy Mack & Michael Citrin yang terinspirasi dari Novel "The Adventure Of The Dancing Men" karya asli Sir Arthur Conan Doyle... :)